Rabu, 30 Januari 2013

9. HACKER PALING BERBAHAYA

Hacker masa kini membuat pusing banyak orang tak terkecuali negara besar seperti Amerika Serikat. Mesin pencari Internet seperti Google dan Yahoo! pernah lumpuh serta tidak dapat diakses lantaran ulah para Hacker.

Selain membuat lumpuh sistem komputer, mereka juga kerap mencuri data-data penting. Ribuan peretas saban harinya berusaha menembus pertahanan Pusat Data Intelijen Amerika Pentagon, seperti dilansir surat kabar the Huffington Post (2007). Hingga kini pertumbuhan peretas semakin bertambah banyak dan ada beberapa nama paling berbahaya membuat agen mata-mata serta intelijen ikut memburu mereka.

Siapa saja lima peretas berbahaya itu? Berikut ulasannya.

1. Robert Morris

Robert Tappan Morris lahir pada 8 November 1965. Dia pencipta virus cacing Morris yang berbahaya untuk operasi sistem komputer Anda. Ia menjadi hacker ternama setelah ia berhasil menginfeksi ribuan komputer yang terhubung dalam jaringan. Ia kemudian menulis Worm Internet yang populer di tahun 1988 Bakat komputer Morris turun dari sang ayah, Robert Morris senior, bekerja pada Sentral Keamanan Komputer Nasional Amerika Serikat. 

2. Kevin Mitnick

 Mungkin Mitnick menjadi hakcer paling terkenal dari generasinya, karena Mitnick telah ‘dinobatkan‘ oleh Departemen Kehakiman US menjadi criminal computer paling diinginkan di sepanjang sejarah Mitnick dengan postur tubuhnya yang cocok dengan karakter hacker, masuk ke sejumlah system komputer milik perusahaan teknologi dan telekomunikasitop dunia, termasuk Nokia, Fujitsu, dan Motorola .Meski dia Yahudi namun dirinya sering menyerang situs keamanan Israel hingga sering tidak bisa diakses. Setelah dipublikasikan besar-besaran oleh FBI, Mitnick akhirnya ditahan di tahun 1995 dan setelah menerima berbagai tuduhan, ia akhirnya menghabiskan waktu di penjara selama 5 tahun. Ia dibebaskan tahun 2000 dan kini membuka konsultan keamanan komputer. Ia tidak menamakan aksinya sebagai ‘hacking‘ dan malah memberi nama ’social engineering’.

3. Adrian Lamo

 

Adrian Lamo atau yang dijuluki ‘hacker tak punya rumah’, biasanya menggunakan coffee shop, perpustakaan, dan cafĂ© Internet sebagai basisnya untuk menjalankan aksinya. Kebanyakan aktivitasnya adalah membobol jaringan komputer dan kemudian melaporkan kelemahannya kepada perusahaan yang memiliki jaringan tersebut. Klaim terbesar Lamo yang menjadikannya terkenal adalah setelah ia menjebol intranet kantor New York Times dan menambahkan namanya di database perusahan surat kabar harian tersebut. Ia juga menggunakan account LexisNexis untuk mendapatkan akses rahasia ke profilpejabat perusahaan tersebut. Kini Lamo bekerja sebagai journalis.

4. Eric Steven Raymond 

 Bapak hacker, seorang hacktivist dan pelopor opensource movement. menulis banyak panduan hacking, salah satunya adalah : ' How To Become A Hacker' dan 'The new hacker's Dictionary'. begitu fenomenal dan dikenal oleh selirih masyrakat hacking dunia. menurut Eric, " dunia mempunyai banyak persoalan menarik dan menanti untuk dipecahkan."

5. David L. Smith

Smith merupakan pengarang dari virus worm Melissa yang sukses menjadi virus email pertama yang didistribusikan di group diskusi Usenet alt.sex. Bentuk virus aslinya dikirimkan juga via email. Smith akhirnya ditahan dan dihukum penjara atas tuduhan kerugian sebesar $80 juta.

6. John Thomas Draper


John Thomas Draper juga dikenal dengan nama  peretas Kapten Renyah. Dia tokoh legendaris dalam dunia program komputer terutama pembobolan jaringan telepon. Dia sangat ahli di bidang itu.

Draper pernah mengerjai Presiden Amerika Serikat Richard Nixon dengan menelepon langsung ke Gedung Putih. Hingga kini dia yakin Nixon masih penasaran dengan telepon itu.

7.  Linus Torvalds


 Linus Benedict Torvalds lahir di Ibu Kota Helsinki, Finlandia, 28 Desember 1969. Dia seorang peretas yang juga menciptakan perangkat operasi sistem Linux kernel. Sistem ini menjadi operasi standar para peretas. Hacker yang juga mengembangkan sistem operasi Linux, gabungan dari “LINUS MINIX”. Kini sistem operasi Linux telah menjadi sistem operasi ‘default’ hacker. Kemudian bersama dengan Richard Stallman membangun Linux versi awal, bekerja sama dengan programmer, developer dan hacker seluruh dunia untuk mengembangkan kernel Linux.

8.  Michael Calce


 Calce dijuluki sebagai MafiaBoy betapa tidak anda bayangkan karena saat baru berusia 15 tahun ketika ia berhasil membobol website komersial terbesar di dunia. Hacker ini  di tahun 2000 meluncurkan serangan DDoS ke 75 komputer di 52 jaringan, juga situs eBay, Amazon dan Yahoo. Ia akhirnya ditahan setelah ia membeberkan aksinya di chatroon online. Ia dihukum penjara selama 8 bulan dan denda yang kecil.

 9. Richard Stallman

  Merupakan salah satu dedengkot heacker dan penemu project GNU, dan menjadi salah satu ‘hacker sekolah senior‘ bekerja pada lab Artificial Intelligence MIT. Ia bekerja sebagai ‘staff hacker‘ di project Emac itu dan memprotes adanya pembatasan atas akses komputer di lab tersebut. Setelah password diisntal, maka ia kemudian membobol system pasword dan mengirimkan pesan kepada setiap staff untuk menghapus password


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar